Rabu, 30 November 2016

fisika menarik

  • 1. Keseimbangan pada Tongkat

Cobalah ajak teman anda untuk memegang tongkat horizontal untuk Anda, atau benda lain yang serupa dengan tongkat. kemudian tempatkan dua jari telunjuk Anda dengan cara menggabungkannya secara bersama-sama,  dan cobalah untuk menempatkan dua jari yang sudah digabungkan di bawah pusat massa. Ketika teman anda melepaskan, Anda akan merasakan kerja yang tidak normal. Tapi sekarang mencoba anda tempatkan setiap jari telunjuk di ujung-ujung tongkat, dan kemudian gerakan masing masing jari telunjuk Anda di menuju ke arah tengah. Apa yang Anda akan anda temukan adalah bahwa kedua jari telunjuk anda akan berakhir tepat di bawah pusat massa dari tongkat tersebut.
5.3
Anda juga dapat mencoba mulai tempatkan jari anda dari tempat asimetris (tidak simetris) dan kemudian gerakan , kedua jari anda akan tetap berakhir di bawah pusat massa. Coba anda lakukan dengan kecepatan yang berbeda. dengan Sangat lambat, atau benar-benar cepat. Hasilnya Anda masih berakhir sempurna di bawah pusat massa. Bagaimana itu bisa terjadi?
  • 2.  ponsel berputar.

Apakah Anda pernah mencoba memutar ponsel Anda?
Jika Anda melakukannya dalam keadaan ponsel anda menyamping, maka perputaran ponsel tersebut sangat mudah dan selaras. Jika Anda putarkan ponsel tersebut dalam keadaan terbuka ke atas dengan bagian kedua sisi ponsel yang diputarkan.  Anda juga akan mendapatkan perputaran dengan sangat baik. Akan Tetapi jika Anda mencoba untuk membalik ponsel dalam keadaan terbuka keatas, dan memutarkan satu bagian pada sisi ponsel.
Anda tidak mendapatkan ponsel berputar dengan selaras. Ponsel tersebut tidak akan berputar dengan selaras, ia akan berputar dengan arap perputaran yang berubah ubah. Bahkan ketika kita berusaha menggerakan ponsel tersebut dengan sempurna, ketidakstabilan perputaran tetap akan terjadi.
5.7
Mengapa tidak bisa selaras?
  • 3. Air yang bisa berbelok

Anda mungkin pernah melihat , jika Anda menggosok secangkir gelas plastik dengan rambut Anda, Anda akan  membuat gelas plastik tersebut menjadi bermuatan listrik. Dan jika Anda mendekatkan gelas yang telah digosok tersebut itu ke aliran air di kran, Anda akan menyaksikan gelas plastik tersebut dapat menyebabkan aliran air seperti tertarik. ini biasanya dijadikan salah satu demonstrasi sifat polar air yang digunakan dalam buku teks kimia.
5.8
Air adalah molekul , dengan sisi yang lebih positif dan sisi negatif, anda mungkin beranggapan apa yang terjadi adalah bahwa molekul air membalik sehingga sisi positif dari molekul air bergerak menghadapi  sisi cangkir yang negatif dan itulah yang menyebabkan air tertarik oleh cangkir. Tapi ini bukan penjelasan yang nyata.
Jika Anda memiliki medan listrik seragam, kemudian ada gaya yang menarik sisi positif ke arah tersebut dan menyebabkan ada gaya yang mendorong sisi negatif menjauhi cangkir. sehingga Anda tidak bisa melakukan lebih dari sekedar mengubah molekul. Sehingga untuk hal tersebut Anda akan membutuhkan benar-benar gradien yang kuat pada listrik, yang pada dasarnya tidak akan terjadi pada cangkir. Jadi mengapa aliran air kran benar-benar tertarik pada cangkir?
Itu adalah pertanyaannya.
  • 4. Sereal yang bisa ditarik tanpa disentuh

Ambil sepotong sereal favorit Anda dan jatuhkan sereal tersebut ke dalam mangkuk air. Kemudian gunakan magnet yang sangat kuat, untuk mencoba menarik sereal , apa yang terjadi? Tertarik bukan.
5.9
Jadi mengapa sereal bersifat menjadi magnet magnet?
  • 5. roket teh celup.

Ambil teh celup dan potong ujung teh dengan hati-hati. kemudian buang isi bagian teh. Bentuk teh celup seperti kolom persegi. Dan letakan dengan seimbangan di atas piring. kemudian bakar kertas teh celup tersebut. Lihat api membakar secara merata di setiap sisi. dan lihat Kertas teh celup bersiap-siap untuk lepas landas. Itulah keindahan roket teh celup.
5.11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar