Minggu, 27 November 2016

basket newton



Pada hari selasa tepatnya pada mata pelajaran penjaskes kami sekelas berolahraga di lapangan yaitu praktik bola basket. Disitu saya dan teman-teman disuruh untuk mempraktikan bagaimana cara memainkan bola blasket dengan benar. Disitu kami belajar mendribling  bola. Setelah pelajaran penjas berakhir saya membaca buku dan belajar fisika yang materinya tentang HUKUM III NEWTON tentang reaksi .
Setelah saya pelajari bahwa tadi pada saat saya mendribling bola ada hubungannya dengan hokum III newton (reaksi). HokumIII newton menjelaskan bahwa . Apabila sebuah benda memberikan gaya kepada benda lain, maka benda kedua memberikan gaya kepada benda yang pertama. Kedua gaya tersebut memiliki besar yang sama tetapi berlawanan arah.

Nah sama halnya ketika Pantulan bola basket saat drribbling, saat bola di-drribbling pasti memanfaatkan lantai sebagai tempat untuk memantulkan bola tersebut ke atas. Lantai akan memberikan reaksi pada saat bola tersebut jatuh ke bawah, dan memantulkannya kembali ke atas.
Menggiring bola adalah suatu usaha untuk membawa  bola menuju ke daerah lawan. Permainan basket boleh membawa bola lebih dari satu langkah, asalkan bola sambil dipantulkan, baik dengan berjalan maupun dengan berlari. Dribble dapat dilakukan denga tangan kanan atau tangan kiri secara bergantian, tetapi tidak boleh dengan kedua tangan secara bersamaan.
Pada dasarnya dribble hanya mengaplikasikan Hukum III Newton tentang aksi reaksi. Saat pebasket melepaskan bola ke tanah, gaya gravitasi menarik benda ke lantai. Ketika bola bertumbukan dengan lantai, bola memberikan gaya pada lantai (gaya aksi). Sebagai akibatnya lantai memberikan reaksi melawan gaya aksi ini. Gaya yang diberikan lantai ini disebut gaya reaksi yang besarnya sama dengan gaya aksi. Gaya reaksi inilah yang menyebabkan bola memantul lagi ke atas. Namun karena sebagian energi bola terserap lantai maka bola pantul tidak dapat mencapai ketinggian semula. Maka pebasket memberikan dorongan kembali pada bola sebagai ganti dari energi yang terserap itu. Itu lah pengaplikasian hokum III newton pada saat mendribling bola basket. Mudah dimengerti kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar